manfaat kaca film

 

Mungkin kaca film tidak lagi asing untuk Anda pecinta otomotif, namun rasanya tidak salah jika kita melihat lagi apa saja sih yang dapat diberikan atau manfaat kaca film untuk Anda.

Nah kali ini kita coba kaji ulang apa saja sih kehebatan dari sebuah kaca film, khususnya kaca film spectrum. Ingin tahu apa saja manfaat kaca film, yuk kita simak yang berikut ini.

1. Mengurangi Cahaya Matahari yang Masuk

Tugas dan fungsi utama dari sebuah kaca film, jelas untuk mengurangi sinar matahari yang akan masuk kedalam kabin. Dimana dikatakan cahaya matahari bisa menimbulkan paparan gelombang infra merah dan ultraviolet (UV) pada kulit. Kaca film membantu mengurangi efek paparan cahaya matahari bagi penumpang mobil.

2. Meningkatkan Penampilan

Tampil beda dan bergaya kini ikut menjadi peran penting dalam memilih kaca film. Kaca film dianggap dapat memberikan nilai eksklusif pada mobil. Kaca film juga tersedia dalam berbagai warna dan tingkat kegelapan untuk menyesuaikan dengan warna dan karakter mobil.

3. Efisiensi Energi

Dikatakan saat ini salah satu manfaat kaca film yaitu dapat mengurangi cahaya matahari yang masuk ke kabin, sehingga mencegah kenaikan temperatur dalam mobil serta membantu menjaga aktifitas pendingin ruangan tidak berlebihan. Dan membuat mobil semakin irit dalam mengkonsumsi bahan bakar.

4. Menjaga Privasi

Privasi kini menjadi unsur penting disaat Anda berkendara. Dan manfaat kaca film yang lain adalah dapat menjaga privasi pengendara dan penumpang yang berada didalam kabin. Dimana orang-orang di luar mobil tidak bisa leluasa melihat isi mobil maupun aktivitas penumpang di dalam mobil karena terhalang kaca film.

5. Mengurangi Resiko Kejahatan

Kaca film dapat mengurangi risiko kejahatan, karena dapat menghalangi pandangan orang dari luar terhadap barang-barang yang berada di dalam mobil.

Hal ini mempersulit orang yang berniat mengambil barang berharga di dalam mobil atau melakukan sesuatu terhadap penumpang di dalam mobil.

6. Mengurangi Pantulan Cahaya pada Kaca

Cahaya dari luar mobil akan terpantul sebagian pada kaca. Karena kaca film mengurangi cahaya matahari yang masuk, maka lebih sedikit pantulan cahaya pada kaca, terutama pada kaca depan yang memiliki peran penting dalam berkendara. Dan ini bisa meningkatkan kenyamanan mengemudi dan mengurangi kelelahan mata.

7. Meningkatkan Keamanan

Kaca film biasanya terdiri dari lapisan berbahan polyester, logam, dan perekat khusus. Fungsinya ‘memegang’ kaca ketika mengalami benturan. Ketika terjadi benturan kaca tidak langsung pecah tapi tetap merekat pada kaca film, sehingga mengurangi kemungkinan melukai penumpang didalam kabin.

 

Disunting dari: detikOto

1 Likes
2175 Views

Comments are closed.