Di mobil keluaran terbaru, kaca tak hanya dipasang pada sisi bodi. Banyak produk mobil yang memasang kaca di bagian atap sebagai perangkat sunroof atau bahkan panoramic glass roof. Namun, perlukah sunroof mobil dilapisi kaca film?

Pertanyaan tersebut menjadi umum dikarenakan sunroof juga berbidang kaca. Akan tetapi, seberapa perlukah sunroof mobil dilapisi kaca film tersebut? Seorang head of aftersales service dari salah satu produsen kaca film di Indonesia, menjawab bahwa pemasangan lapisan film ini bergantung pada kebutuhan pemilik mobil itu sendiri.

“Kalau ditanya perlu atau enggak, pastinya bergantung konsumen. Sepengetahuan saya, sunroof ataupun panoramic glassroof sudah dirancang untuk menahan panas yang masuk ke kabin. Tapi, kalau mau pasang kami bisa layani,” ujarnya kepada Okezone.

Baca juga: Kadar Kegelapan Kaca Film Sesuai Aturan Pemerintah

Baca juga: Kebiasaan Yang Menghilangkan Garansi Kaca Film

Untuk pemasangan lapisan film pada atap kaca, Ia melanjutkan ada sedikit perbedaan. Biasanya produsen kaca film hanya menyarankan untuk memasang yang bening agar sunroof bisa tetap difungsikan dengan baik.

“Kalau untuk kegelapan film, saran saya samakan saja dengan kaca depan, sebaiknya sunroof mobil dilapisi kaca film dengan tingkat kegelapan maksimal 40 persen saja. Ini supaya cahaya matahari bisa tetap masuk dan menerangi kabin. Lagipula, mobil dengan atap kaca biasanya diberi sejenis kain penutup yang bisa dibuka-tutup sesuai kebutuhan,” pungkas dia.

Memang, sebenarnya penggunaan kaca film pada kaca atap mobil atau sunroof tidak terlalu penting.

Logikanya, jika sunroof tersebut dipasangi kaca film bahkan dengan tingkat kegelapan yang tinggi maka akan menghilangkan fungsi dari sunroof tersebut. Jika demikian, apa bedanya dengan mobil yang dari awal tidak menggunakan sunroof sama sekali.

Demikianlah artikel mengenai penjelasan seberapa perlukah sunroof mobil dilapisi kaca film. Bagi Anda yang memiliki fitur sunroof pada mobil, tertarik melapisinya dengan kaca film? Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Kaca Film Bisa Bikin Irit BBM, Bagaimana Caranya?

Baca juga: Fungsi Kaca Film Yang Perlu Anda Ketahui

 

Sumber: okezone.com

0 Likes
2791 Views

Comments are closed.