Benarkah kaca film mengurangi efek silau? Dan mengapa penggunaan lampu yang salah dapat mengakibatkan silau pada pengendara lain dan dapat menyebabkan kecelakaan?

Lampu kepala memang sangat dibutuhkan, apalagi pada saat berkendara di malam hari dimana minim penerangan jalan. Lampu utama atau lampu kepala pada kendaraan berfungsi untuk memberikan penerangan kepada pengemudi ketika berada dalam kondisi gelap. Lampu utama juga berfungsi sebagai tanda untuk pengemudi lain. Tanpa adanya lampu pada kendaraan tentu dapat menyebabkan kecelakaan. Namun, dengan penggunaan yang salah juga dapat menyebabkan kecelakaan. Karena hal inilah fungsi kaca film dibutuhkan dimana kaca film mengurangi efek silau baik dari cahaya matahari maupun lampu kendaraan.

Lampu kepala memiliki 2 titik fokus yaitu untuk lampu jarak jauh dan jarak dekat, dimana pengaturan penyorotan lampu utama ini harus diatur sesuai standar.

Penyetelan lampu jauh, jika titik fokusnya dibuat lebih jauh, maka akan menimbulkan dampak ke pengendara lain dengan arah berlawanan di depannya. Karena pengendara mendapatkan efek silau, maka pandangan akan menjadi terganggu sehingga dapat menyebabkan kecelakaan. Sekali lagi salah satu fungsi kaca film akan sangat dibutuhkan disini dimana kaca film mengurangi efek silau.

Oleh karena itu, selalu perhatikan sorotan lampu Anda, jangan menganggap jalan sebagai milik pribadi. Seandainya Anda terkena sorotan lampu utama dari pengendara lain maka coba lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Jika anda terkena sorotan lampu utama maka sebaiknya anda tidak langsung mengerem mendadak, karena dapat membuat kendaraan di belakang kaget dan bisa jadi malah menabrak Anda.
  • Lakukan pengereman secara perlahan.
  • Buanglah penglihatan anda dari sorotan lampu tersebut (berpaling dari sorotan lampu). Hal ini dilakukan untuk mencegah mata Anda terganggu karena terkena sorotan, jangan lupa tetap usahakan kendaraan anda tetap melaju pada jalur yang benar.
  • Gunakan kaca film pada kendaraan Anda. Kaca film mengurangi efek silau. Selain cahaya dari lampu kendaraan, kaca film juga dapat mengurangi cahaya yang menyilaukan dari sinar matahari dan juga mengurangi kelelahan mata.

Cahaya menyilaukan memang sangat mengganggu bagi kita para pengemudi. Solusi seperti menggunakan kaca film seolah menjadi hal mutlak. Spectrum Window Film merupakan kaca film dengan material nano carbon akan meminimalisir cahaya yang masuk melalui kaca sehingga dapat memberikan proteksi maksimal atas cahaya menyilaukan yang mengganggu Anda.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai bahaya cahaya yang menyilaukan ketika berkendara dan alasan mengapa kita harus memasang kaca film pada kendaraan kita. Ya, kaca film mengurangi efek silau. Semoga artikel bisa ini bermanfaat.

Baca juga:  Gelembung Pada Kaca Film? Ini Cara Mengatasinya!

 

Sumber: icebergwindowfilms.com

0 Likes
1471 Views

Comments are closed.