Kaca film merupakan komponen penting bagi pecinta otomotif khususnya para pemilik mobil. Karena selain dapat menghalau radiasi matahari yang merugikan, kaca film juga dapat memberikan perlindungan ekstra pada saat terjadi kecelakaan. Namun, tahukah Anda alasan mengapa kaca film dipasang pada bagian dalam kaca?

Apakah terdapat alasan khusus tentang mengapa kaca film dipasang pada bagian dalam kaca? Kenapa kaca film tidak dipasang pada bagian depan? Jika dilihat dari berbagai macam aspek, menempatkan kaca film pada bagian dalam kaca memang paling tepat.

Mengapa begitu? sebagai contoh dari segi keselamatan misalnya, jika kita menempatkan kaca film pada bagian luar kaca, pada saat terjadi tabrakan atau pengrusakan, perekat pada kaca film yang tadinya dapat berfungsi untuk menahan serpihan pecahan kaca agar tidak mengenai Anda akan menjadi tidak berfungsi dan Anda tidak terlindungi.

Contoh lain, jika kaca film ditempatkan pada bagian depan kaca mobil misalnya, ada kemungkinan kaca film tersebut akan cepat rusak karena terus bergesekan dengan wiper. Belum lagi jika terkena debu atau kerikil kecil yang mungkin dapat menimbulkan goresan-goresan.

Nah, berdasarkan alasan tersebut sekarang mungkin Anda sudah lebih mengerti tentang alasan mengapa kaca film dipasang pada bagian dalam kaca. Namun, untuk mendapatkan hasil maksimal, bisakah kita melapisi kaca film pada bagian dalam dan luar kaca sekaligus?

BACA JUGA: KACA FILM UNGGULAN DENGAN BERBAGAI MANFAAT DARI SPECTRUM

BACA JUGA: KACA FILM BERTEKNOLOGI SPUTTERING MAKSIMAL MENOLAK PANAS

Secara teori, memang sepertinya dengan men-double kaca film tersebut, seharusnya perlindungan yang kita dapatkan bisa menjadi ekstra. Namun pada prakteknya, apakah hal tersebut efektif?

Sebenarnya sah-sah saja jika Anda ingin melakukannya, namun tidak akan gunanya. Sebagai contoh, jika sebuah kaca film memiliki kemampuan penolakan radiasi ultraviolet hingga 99%, dengan men-double kaca film tersebut, kemampuan penolakan radiasi ultraviolet tersebut tidak akan serta merta menjadi 198%. Selain itu, dengan men-double kaca film, permukaan kaca akan menjadi lebih tebal sehingga ada kemungkinan akan mengganggu kinerja power window.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai alasan mengapa kaca film dipasang pada bagian dalam kaca yang dapat kami ulas. Semoga bermanfaat.

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

0 Likes
1529 Views

Comments are closed.