Apakah benar anggapan tentang kaca film hitam lebih baik jika dibandingkan dengan kaca film silver? Sebelum Anda hendak memasang kaca film, tidak ada salahnya jika Anda memahami dulu segala hal tentang kaca film.

Sebenarnya kaca film hitam tidak berarti memiliki kemampuan tolak panas lebih baik atau dikatakan kaca film silver memiliki kemampuan tolak panas yang lebih buruk dari kaca film hitam. Anggapan tersebut sebenarnya tidak benar, karena bisa saja kaca film silver memiliki kemampuan tolak panas yang lebih baik dibandingkan kaca film hitam bahkan dengan tingkat kegelapan 80% sekalipun. Begitu juga sebaliknya, bisa saja kaca film hitam memiliki kemampuan tolak panas yang lebih baik dibandingkan kaca film silver.

Semakin hari teknologi semakin berkembang oleh karena itulah warna sebenarnya sangat tidak mempengaruhi kemampuan suatu kaca film. Umumnya terdapat dua jenis warna kaca film yang beredar di pasaran yaitu kaca film hitam atau silver. Produsen umumnya memberikan pilihan warna agar konsumen bisa leluasa memilih produk sesuai seleranya.

BACA JUGA: MELEPAS KACA FILM DENGAN STEAMER, INI CARANYA!

BACA JUGA: MEMBERSIHKAN KACA FILM TIDAK BOLEH SEMBARANGAN

Biasanya penggunaan kaca film silver diperuntukkan untuk mobil yang berwarna terang seperti merah atau kuning atau pada gedung. Sedangkan untuk kaca film hitam biasanya menjadi favorit pada mobil-mobil berwarna monokromatik seperti hitam, putih atau silver.

Salah kaprah lainnya adalah menyangkut spesifikasi penolakan ultraviolet atau Ultraviolet Rejection yang terdapat pada kaca film. Masih banyak masyarakat awam yang mengira bahwa tolak ukur penolakan panas adalah berdasarkan spesifikasi ini. Anggapan ini juga salah karena tolak ukur panas sebenarnya diukur dari kemampuan penolakan inframerah atau biasa disebut Infrared Rejection. Bahkan di luar negeri sebenarnya yang menjadi acuan tolak panas adalah berdasarkan kemampuan Total Solar Energy Rejection-nya.

Selain itu, ada juga anggapan bahwa fungsi kaca film hanyalah sebagai tolak panas semata. Padahal kaca film juga bisa berfungsi untuk menjaga privasi dan menambah keamanan saat terjadi kecelakaan.

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

0 Likes
3676 Views

Comments are closed.