Istilah-istilah kaca film sangat penting untuk Anda pahami agar Anda dapat mengetahui seberapa bagus kualitas kaca film yang hendak Anda beli.

Kaca film merupakan aksesoris tambahan yang sangat penting bagi mobil. Tanpa bantuan kaca film, tentu suhu kabin akan terasa panas sekali. Memasang kaca fim memang seperti sudah menjadi keharusan bagi setiap pemilik mobil. Namun, seiring semakin banyaknya brand dan jenis-jenis kaca film di pasaran, tentunya Anda akan merasa sukar dalam memilih salah satu yang tepat jika Anda tidak memahami secara pasti istilah-istilah kaca film umum yang beredar di masyarakat.

BACA JUGA: KACA FILM HITAM LEBIH BAGUS DIBANDING KACA FILM SILVER?

BACA JUGA: MELEPAS KACA FILM DENGAN STEAMER, INI CARANYA!

Dengan memahami istilah-istilah kaca film, Anda akan lebih terbantu ketika hendak membeli suatu produk kaca film. Anda tidak akan merasa kesulitan untuk menentukan jenis atau tipe yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut beberapa istilah-istilah kaca film umum tersebut:

  1. Tingkat Kegelapan / Darkness Level
    Istilah tersebut digunakan untuk menentukan seberapa gelap atau kadar kegelapan produk kaca film yang hendak Anda pilih. Tingkatan kegelapan tersebut biasanya dituliskan dalam bentuk persentase. Semakin tinggi persentasenya maka semakin gelap pula kaca filmnya. Tingkat kegelapan yang umum dijual dipasaran adalah dua puluh hingga delapan puluh persen. Gunakan tingkat kegelapan sesuai kebutuhan dan tempatnya. Khusus untuk penggunaan pada kaca mobil, jangan sampai menghalangi pandangan pengemudi karena bisa berbahaya.
  2. Ultraviolet Rejection
    Merupakan jumlah persentase radiasi ultraviolet yang mampu dihalau oleh kaca film. Semakin tinggi persentasenya semakin baik.
  3. Total Solar Energy Rejected
    Jumlah total energi matahari yang mampu ditolak oleh kaca film. Sama halnya dengan ultraviolet rejection, semakin tinggi persentasenya maka semakin baik.
  4. Infrared Rejection
    Inframerah merupakan radiasi matahari yang menghasilkan panas. Jadi semakin tinggi persentasenya, semakin baik kemampuan tolak panasnya.
  5. Visible Light Transmittance
    Merupakan persentase jumlah cahaya yang mampu masuk melalui kaca. Semakin besar persentasenya, semakin banyak cahaya yang masuk. Hal ini juga berkaitan dengan tingkat kegelapan.

 

Ditulis Oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

0 Likes
1335 Views

Comments are closed.