Umumnya masyarakat saat ini masih sangat awam mengenai hal-hal seputar kaca film. Biasanya yang mereka tahu dari fungsi kaca film hanyalah sekadar menggelapkan atau memberi privasi saja. Banyak asumsi-asumsi yang beredar seputar kaca film di masyarakat, namun tahukah Anda mitos seputar kaca film gelap?

Saat ini bisa dikatakan jika kaca film merupakan aksesoris favorit bagi setiap pemilik mobil karena jika dilihat sepertinya lebih banyak mobil yang menggunakan kaca film ketimbang yang tidak. Melihat dari fungsinya, tidak mengherankan jika kaca film menjadi aksesoris favorit. Karena selain memberikan privasi, kaca film juga mampu menolak panas, hingga melindungi diri dari pecahan kaca. Namun, masih banyak salah kaprah yang terjadi, salah satu mitos seputar kaca film gelap yang terdapat di masyarakat adalah masih banyak masyarakat yang beranggapan bahwa semakin gelap kaca filmnya, semakin bagus tolak panasnya.

Asumsi tersebut sebenarnya hanyalah mitos seputar kaca film gelap yang beredar saja karena sebenarnya tingkat kegelapan dan kemampuan tolak panas merupakan hal yang berbeda atau tidak sejalan. Tingkat kegelapan yang terdapat pada kaca film sangat bervariasi, umumnya mulai dari 20 persen hingga 80 persen.

BACA JUGA: KACA FILM PADA RUMAH DAN RAGAM MANFAATNYA

BACA JUGA: ISTILAH-ISTILAH KACA FILM YANG PERLU DIKETAHUI

Justru dengan memasang kaca film yang terlampau gelap, bisa saja justru malah menyerap panas bukannya menolaknya. Padahal seharusnya kaca film dapat menurunkan suhu dua hingga tiga derajat celcius.

Selain itu, ada hal yang harus Anda perhatikan juga sebelum memutuskan untuk memasang kaca film dengan tingkat kegelapan yang tinggi. Sesuaikan dengan kebutuhan tanpa melanggar aturan-aturan yang berlaku. Kaca film dengan tingkat kegelapan yang tinggi tidak bisa diaplikasikan sembarangan, khusus kaca depan gunakan tingkat kegelapan maksimal 40% agar tidak menghalangi pandangan. Penggunaan diatas 40% pada kaca depan berisiko membahayakan Anda ketika malam hari atau cuaca gelap.

So, jangan mudah termakan mitos seputar kaca film gelap ya, guys!

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

0 Likes
1896 Views

Comments are closed.