Tangerang – Kaca film yang dipasangkan pada mobil adalah suatu hal yang sudah biasa dilakukan oleh pemilik mobil. Banyak varian kaca film yang beredar di masyarakat saat ini, baik yang memberikan kenyamanan berkendara, menjaga privasi pengendara, maupun untuk tampilan pada kendaraan.

Pemasangan kaca film sudah sangat banyak di jumpai, seperti di outlet resmi kaca film, show room mobil, maupun pedagang aksesoris eceran. Namun dalam pembelian kaca film disarankan dilakukan di outlet resmi maupun show room mobil yang besar. Karena kualitas kaca film serta pemasangan akan lebih terjamin.

Ada beberapa hal yang harus diketahui tentang fungsi kaca film. Selain fungsi utama kaca film adalah sebagai penahan sinar matahari yang masuk kedalam kabin, masih ada beberapa alasan mengapa anda harus menggunakan kaca film pada kendaraan anda. Berikut adalah manfaatnya.

image_3

Gambar 1.1 : Spectrum Window Film

 

      • Menahan Sinar Matahari : Ketahuilah bahwa jika tidak menggunakan kaca film, suhu didalam kendaraan yang diparkir ditempat terbuka bisa mencapai suhu 40 – 70 derajat celsius, atau 75% lebih panas dari total suhu  panas yang ada diluar ruangan. Hal ini di sebabkan panas dari luar dengan sangat mudah masuk kedalam kabin dan terus meningkat dengan intesitas yang besar dan suhu tersebut terperangkap didalamnya, ini yang membuat suhu di dalam kabin akan menjadi sangat panas. Panasnya suhu didalam kabin mobil dapat merusak interor mobil di dalamnya, seperti kulit jok, dashboard dan benda-benda lainnya yang berada didalam kabin mobil. Selain itu paparan sinar matahari langsung akan dapat merusak kulit dan mata anda dalam jangka waktu cepat ataupun jangka panjang. Hal ini diakibatkan kandungan sinar ultraviolet dan sinar infra merah pada sinar matahari. Pada frekuensi tertentu sinar ultraviolet dan inframerah dapat merusak sel kulit luar maupun sel kulit bagian dalam. Efek yang ditimbulkan antara lain: flek hitam pada kulit wajah, kulit terbakar, kanker kulit dan lain-lain. Dengan menggunakan kaca film dapat mengurangi resiko-resiko tersebut.

 

      • Kaca Film Membuat Lebih Irit BBM : Suhu pada kabin yang sangat panas akan membuat para pengendara menghidupkan AC secara maksimal untuk membuat kabin kendaraan menjadi lebih sejuk, hal ini menyebabkan kerja AC akan lebih ekstra dan BBM akan lebih terkuras. Penggunaan kaca film akan membantu mengurangi kerja AC yang berlebihan, sehingga akan mampu membantu mengurangi konsumsi BBM berlebih 10% sampai 20%.

 

        • Fitur Keamanan Berkendara : Jika terjadi kecelakaan pada saat berkendara, penggunaan kaca film dapat membantu mengurangi/mencegah efek luka menjadi lebih parah dikarenakan kaca film yang digunakan akan menempel pada kaca dan serpihan kaca-kaca pada dari mobil akibat benturan tidak berhamburan keluar ataupun kedalam kabin kendaraan, sehingga pecahan kaca tersebut tidak mengenai si pengendara. Memang tidak ada orang yang menginginkan hal tersebut terjadi. Namun saat berkendara, apapun bisa saja terjadi. Penggunaan kaca film sangat membantu jika terjadi hal yang dapat menyebabkan kaca mendapat tekanan atau benturan. Lapisan kaca film yang terpasang akan ‘memegang’ pecahan kaca agar tidak berhamburan, apalagi sampai mengenai penumpang. Kaca yang pecah akan tetap merekat pada kaca film.

 

      • Menjaga Privasi Penumpang : Tingkat kejahatan di Indonesia masih sangatlah menghawatirkan. Hal yang dapat menimbulkan tindak pencurian dan perampokan salah satunya adalah didalam kendaraan terlalu transparan sehingga seluruh isi didalam kabin terlihat jelas dari luar. Ini menyebabkan banyak orang menggunakan kaca film untuk alasan keamanan. Rata-rata dari mereka menggunakan kaca film tingkat kegelapannya diatas 60% . Penggunaan kaca film yang gelap dapat mengurangi tindak kejahatan yang terjadi pada kendaraan. Dengan kata lain mencegah pencurian barang-barang berharga yang terdapat di dalam kendaraan.

 

      • Tampil Lebih Keren  Tampilan ekterior mobil tak jarang menjadi alasan para pengguna mobil menggunakan kaca film. Banyaknya varian warna dan tingkat kegelapan dari kaca film yang di tawarkan dari setiap merek kaca film yang dapat dipadu padankan dengan warna cat kendaraan ataupun model modifikasi yang dilakukan, membuat para pengguna mobil menggunakan kaca film dengan varian warna tertentu atau pun tingkat kegelapannya.
2 Likes
1786 Views

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.