Jakarta – Generasi terbaru Kia Rio, mulai dijual di Indonesia International Motor Show pada 27 April – 7 Mei 2017. Kia Rio terbaru, pertama kali tampil pada Paris Motor Show tahun lalu. Lalu apa bagusnya mobil yang didesain di rumah desain Kia di California dan Jerman ini?

Rio-4th-sampingDimensinya lebih panjang 15 mm

Boleh dibilang Rio generasi keempat ini, berubah total dibanding sebelumnya. Sekarang bagian mukanya jadi lebih tegas lantaran grille ‘hidung macan’ atau Tiger Nose Rio baru lebih ‘sangar’. Kap mesinnya lebih melandai dan juga lebih panjang. Rio baru ini, memang lebih panjang 15 mm.

Dari bagian depan sampai ke bagian belakangnya, Kia Rio baru ini tampak lebih sporty karena bahasa desain mobil ini sekarang lebih kaku dibanding sebelumnya yang agak membulat. Lihat lampu belakangnya, tersimak lebih canggih karena sudah LED.

Rio-4th-blkgWheelbase lebih panjang, kabin harusnya lebih lega

 

Jarak sumbu roda hatchback ini melebar 10 mm sehingga kabinnya pun menjadi lebih lega. Interiornya sekarang pun jadi lebih berkelas. Di Eropa, head unit 7-inci touchscreen ini sudah bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi Android Auto ataupun Apple CarPlay. Audio sound system dengan 6 speaker stereo ini juga ada konektivitas Bluetooth, fitur voice command dan kamera parkir.

Tapi yang paling hebat sebetulnya terletak di balik kap mesinnya. Di Eropa tersedia tiga pilihan mesin yaitu 1.4 liter turbodiesel, bensin 1.2 liter dan 1.0 liter 3-silinder turbocharged. Varian diesel sudah pasti tak masuk sini karena masalah kualitas BBM.

Rio-4th-interiorLayout dashboard Kia Rio 2017

Kemungkinan, Rio 2017 versi Indonesia akan memakai mesin 1.0 liter turbo yang bertenaga 99 hp. Kalau betul, mesin Rio ini mirip mesin Ford Ecoboost yang sama-sama berkapasitas 1.0 liter dan berteknologi turbo.

Kia Rio yang dijual sebelumnya di Indonesia memakai mesin 1.4 liter bertenaga 107 PS dengan torsi puncak 135,4 Nm. Bisa saja Kia Indonesia memakaikan mesin lamanya ini untuk Rio terbaru. Atau memasangkan mesin 1.6 liter yang dipakai di Amerika Serikat.

Saudara kembar dari Hyundai i20 ini bersaing di zona dengan persaingan ketat yang dihuni oleh Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda2. Tidak heran, Kia Rio memerlukan sesuatu yang berbeda untuk bisa bersaing.

 

Sumber : www.oto.com

Link : https://www.oto.com/berita-mobil/apa-bagusnya-kia-rio-terbaru-yang-dijual-di-iims-2017-21164447

0 Likes
1297 Views

Comments are closed.