ac mobil kaca film

 

AC mobil tidak dingin saat macet, seringkah Anda mengalami hal ini? Kenapa AC mobil tidak dingin saat macet? Dan apakah kaca film bisa menjadi solusi untuk hal ini? Ada dua sebab utama kenapa AC mobil panas atau kurang dingin saat jalanan macet yang akan diuraikan dibawah.

AC tidak dingin saat macet bisa terjadi pada mobil dengan visco fan radiator ataupun mobil dengan elektrik fan radiator.

1- AC tidak dingin untuk mobil dengan visco fan radiator

Untuk kendaraan yang menggunakan visco fan radiator tanpa adanya extra fan terdapat kemungkinan kenapa AC kurang dingin saat macet, yaitu:

Pertama, visco fan radiator putaran lemah, ketika mobil berhenti (berada di kemacetan) akibat putaran visco fan radiator lemah menyebabkan pendinginan kondensor AC tidak maksimal sehingga kerja AC terganggu dan menyebabkan AC terasa lebih panas.

Kedua, kompresor AC sudah bermasalah atau yang biasanya akibat keausan kompresor sehingga daya isap dan daya tekan kompresor berkurang.

2- AC panas pada mobil dengan elektrik fan radiator

Pada kendaraan yang menggunakan elektrik fan radiator dan extra fan, jika terjadi AC kurang dingin saat macet biasanya disebabkan oleh:

Pertama, kompresor yang sudah aus tandanya adalah terdengar bunyi yang tidak normal dari kompresor saat AC mobil dinyalakan.

Kedua, extra fan atau radiator fan yang bermasalah.

Hubungan kompresor AC yang sudah aus dengan AC kurang dingin saat macet adalah karena disaat mobil dijalan yang macet, putaran mesin cenderung rendah, karena kompresor AC berputar bersama dengan putaran mesin saat putaran mesin rendah daya hisap dan daya tekan kompresor tidak maksimal. Pada saat kondisi seperti ini kompresor akan bekerja mendekati normal saat putaran mesin tinggi diatas 2000 rpm.

Jadi bisa diambil kesimpulan penyebab AC tidak dingin saat  macet ada dua penyebabnya yakni kompresor AC bermasalah dan pendinginan kondensor AC tidak maksimal akibat radiator fan atau extra fan hembusan anginnya kurang.

Namun, tahukah kamu jika kaca film dapat menjadi solusi yang tepat untuk hal ini? Pemilihan kaca film yang tepat dapat membantu Anda meminimalisir panas pada kabin mobil Anda. Spectrum Window Film merupakan salah satu brand kaca film yang memiliki value point dapat mengurangi panas. Perkembangan kaca film sekarang ini meningkat dengan pesat dan jauh lebih efisien dalam mengontrol efek dari sinar matahari. 80 Infinite merupakan salah satu varian kaca film Spectrum yang mampu menolak panas sampai dengan 91% infrared. Hal tersebut membuat kaca film Spectrum dapat mengurangi panas pada kabin mobil Anda dengan maksimal.

 

Disunting dari: otomotifmobil.com

0 Likes
1836 Views

Comments are closed.