Kaca film seperti telah menjadi perlengkapan atau aksesoris tambahan yang wajib bagi setiap pemilik kendaraan roda empat. Adapun fungsi utamanya adalah menolak panas matahari sehingga menjaga suhu kabin mobil tetap sejuk. Namun, benarkah mitos kaca film gelap yang menyebutkan jika semakin gelap filmnya, semakin bagus kekuatan tolak panasnya?

Kaca film sendiri memiliki tingkat kegelapan yang bervariasi agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pemilik mobil dengan persentase paling umum adalah 20 hingga 90 persen. Namun, masih banyak anggapan yang beredar di masyarakat tentang mitos kaca film gelap yaitu semakin gelap kaca film maka dapat mengurangi panas dengan lebih maksimal. Namun hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar.

Baca juga: Bahaya Inframerah Bisa Dihalau Kaca Film

Menurut Wakil Presiden Direktur salah satu produsen kaca film di Indonesia, di Jakarta Utara, hal tersebut hanyalah mitos kaca film gelap semata. Karena gelap itu hanya mewakili warnanya saja.

Dia juga mengatakan, kaca film yang terlalu gelap justru malah bisa menyerap panas. Padahal fungsi kaca film yang baik seharusnya adalah menolak panas dan menjaga kaca dan suhu kabin tetap sejuk dan nyaman.

“Kaca film gelap hitam seperti itu rasanya justru malah menyerap panas deh bukan menolak panas. Idealnya, kaca film itu dapat menurunkan suhu kabin sampai 2-3 derajat celcius,” tuturnya.

Untuk tingkat kegelapan kaca film yang digunakan, tambahnya, ada baiknya para pemilik mobil bisa mengerti dan membedakan antara kebutuhan kaca depan dengan posisi kaca samping atau belakang. Hal ini karena kaca depan merupakan pusat pandangan pengemudi.

Kaca film memang sebenarnya tidak boleh terlalu gelap. Apalagi jika untuk diaplikasikan pada kaca depan. Karena bisa sangat berbahaya ketika malam hari atau cuaca gelap. Selain itu, Polisi juga bakal menindak kalau kaca terlalu gelap karena melanggar undang-undang lalu lintas.

Demikianlah penjelasan mengenai mitos kaca film gelap yang beredar di masyarakat. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda seputar dunia kaca film ya.

Baca juga: Tips Merawat Kaca Film Mobil Agar Tetap Awet

Baca juga: Setelah Memasang Kaca Film Perhatikan Pantangan Ini

 

Sumber: viva.co.id

 

0 Likes
1532 Views

Comments are closed.