Bidang aplikasi penggunaan kaca film bisa dimana saja asalkan berbidang kaca, termasuk  gedung perkantoran, mal, hingga rumah pribadi. Bidang yang biasanya dilapisi kaca film adalah jendela atau pintu kaca. Pada artikel ini akan dibahas alasan mengapa jendela rumah harus dilapisi kaca film.

Direktur dari salah satu distributor kaca film di Indonesia, mengatakan, ada beberapa Alasan mengapa jendela rumah harus dilapisi kaca film.

Alasan pertama yaitu adanya perubahan iklim yang terjadi secara ekstrim. Berbagai jenis pelapis kaca sudah tidak lagi mampu menangkal efek buruk dari radiasi sinar matahari. Logikanya, jika kaca berlapis saja tidak bermanfaat, apalagi kaca yang tidak dilapisi apapun. Salah satu solusinya, adalah dengan menawarkan kaca film berlapis ganda.

“Untuk mengurangi efek panas dari paparan sinar matahari, sebagian besar masyarakat biasanya menggunakan folding gate. Namun, cara ini tak berhasil secara sempurna, karena panas tetap saja bisa masuk. Selain itu, Folding gate juga tidak dapat mengalihkan sinar ultraviolet,” lanjutnya kepada Kompas.com, di Jakarta, Kamis (18/7/2013).

Baca juga: Bahaya Inframerah Bisa Dihalau Kaca Film

Baca juga: Mitos Kaca Film Gelap Lebih Tahan Panas, Benar Atau Tidak?

Bahkan, pemasangan gordyn pada jendela rumah pun tetap tidak bisa menahan masuknya sinar ultraviolet. Di dalam rumah masih terasa pengap. Sebaliknya dengan menggunakan pelapis kaca dapat menangkal efek buruk, bahkan potensi kanker yang disebabkan oleh paparan ultraviolet.

Alasan mengapa jendela rumah harus dilapisi kaca film lainnya adalah, dampak penggunaan kaca film pada rumah juga dapat menghemat energi yang dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan. Berbeda dengan hanya sekedar menggunakan tirai konvensional seperti gordyn, menggunakan kaca film dapat mengurangi efek buruk yang ditimbulkan dari sinar matahari, meringankan kerja pendingin ruangan, dan berimbas pada penghematan listrik kurang lebih empat sampai lima persen sehingga otomatis dapat menghemat biaya bulanan Anda.

Nah, alasan mengapa jendela rumah harus dilapisi kaca film yang terakhir adalah, berdasarkan alasan keamanan (safety). Jika terjadi huru-hara atau bencana alam, kaca yang tidak menggunakan kaca film akan pecah berhamburan dan langsung menikam apa saja di sekitarnya. Sementara dengan kaca film, pecahan kacanya akan berbeda. Akan ada retak yang terkumpul pada satu titik sehingga tidak akan membahayakan Anda.

Baca juga: Tips Merawat Kaca Film Mobil Agar Tetap Awet

Baca juga: Setelah Memasang Kaca Film Perhatikan Pantangan Ini

 

Sumber: kompas.com

1 Likes
1720 Views

Comments are closed.