Mengetahui cara memilih kaca film untuk mobil secara tepat sangatlah penting. Karena fungsi utama kaca film tak hanya untuk mereduksi panas dari luar, kaca film ini dapat membuat penampilan mobil menjadi lebih elegan.

Agar tidak salah pilih, akan lebih baik bila Anda tak hanya sekedar mengetahui daftar harganya saja, karena belum tentu harga yang mahal memiliki kualitas terbaik dan cocok untuk kendaraan Anda. Kenali juga fungsi utama dan jenisnya.

Persoalannya banyak pemilik mobil yang belum memahami seluk beluk kaca film, terlebih dalam hal keamanan ataupun mutunya. Alhasil, tak sedikit bagi pemilik mobil yang tergiur dengan tawaran harga terjangkau dari brand kaca film terkenal yang bisa diartikan sebagai kaca film palsu. Untuk itulah diperlukan bagi Anda untuk mengetahui cara memilih kaca film dengan benar.

Terdapat banyak panduan cara memilih kaca film dengan benar. Berikut beberapa tipsnya:

Periksa Aksen Logo

Cara memilih kaca film dengan benar, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah memeriksa aksen logo. Biasanya tiap-tiap brand mempunyai aksen nama atau logo yang ada di kaca film mobil. Yakinkan ia ada untuk sinyal keaslian product. Namun hal semacam ini belum menanggung 100% keaslian product penghalau panas itu. Karena kaca film black market saat ini tampak semakin serupa dengan aslinya.

Teliti Kartu garansi

Kaca film dengan brand terkenal senantiasa berikan garansi pada produknya. Hal semacam ini untuk bukti bahwasanya mutu kaca film yang di jualnya adalah product unggulan.

Umumnya kaca film yang asli mempunyai kartu garansi yang mempunyai ciri khas sendiri. Salah satunya ada hologram pada kartu garansi itu. Diluar itu, yang utama pada kartu garansi adalah adanya nomer garansi yang teridentifikasi.

Distributor Resmi Kaca Film Mobil

Cara memilih kaca film asli yang paling mudah adalah dengan menghubungi langsung distributor resmi dari brand kaca film yang bersangkutan. Nyaris tiap-tiap brand kaca film mempunyai distributor resmi di kota-kota besar. Nah, tak ada kelirunya membelinya ditempat ini. Atau apabila terlalu jauh, Anda bisa mencari tahu toko atau bengkel paling dekat yang jual product yang Anda kehendaki lewat hot line service. Paling mudah, Anda bisa berkunjung ke situs resmi dari kaca film itu.

Ciri-ciri Kaca Film Palsu

  • Pergantian warna cepat berlangsung.
  • Nampak gelembung yang disebabkan mutu perekat yang buruk.
  • Membiaskan sinar lampu hingga mengganggu visibilitas
  • Tidak efektif menolak panas

Jenis dan Fungsi kaca film mobil

Kaca film bukan hanya aksesoris semata, tetapi kaca film memiliki manfaat benar-benar utama untuk kenyamanan penumpang. Tanpa dilengkapi kaca film berkualitas baik, maka Anda akan merasa tak nyaman berada didalamnya terlebih saat cuaca panas. Kesehatan kulit dan mata Anda pun bisa terancam.

Selain itu kaca film juga mampu melindungi Anda ketika terjadi kecelakaan dengan menahan serpihan-serpihan kaca yang terjadi akibat benturan.

Spesifikasi Kaca Film

Dalam mengetahui cara memilih kaca film dengan benar, Anda juga harus paham mengenai spesifikasi kaca film. Kaca film memiliki beberapa spesifikasi sesuai dengan fungsinya, seperti:

Infra Red Reflectance

Spesifikasi ini memiliki manfaat sebagai penolak cahaya infra merah yang bersumber dari matahari. Kekuatan Infra Red Reflectance (IRR) yakni menampik panas yang ditetapkan dengan besar kecilnya Persen IRR, hingga makin tinggi bilangan Persen berarti semakin efektif.

Total Solar Energy Rejected

Total Solar Energy Rejected atau kerap dikatakan sebagai TSER berperan nyaris sama juga dengan IRR yakni untuk pencegah panas matahari masuk. Kekuatan menampik panas kaca film TSER juga ditetapkan oleh besar kecilnya dalam Persen. Namun, tidak hanya cahaya infra merah, penolakan terhadap sinar ultraviolet juga termasuk disini.

Visible Light Transmittance

Visible Light Transmittance (VLT) tidak sama dengan dua spesifikasi kaca film diatas (IRR ataupun TSER), VLT berperan untuk menghindari masuknya cahaya matahari ke dalam kabin. VLT kerap dikatakan sebagai kaca film 40, kaca film 60, dan sebagainya. Hingga makin tinggi bilangan bakal beresiko makin gelap area kabin mobil.

Ultra violet Reflectance

Kerap dikatakan sebagai UVR. Cahaya ultraviolet benar-benar beresiko membuat kulit terbakar, demikian juga dengan peralatan didalam kabin mobil anda bakal cepat beralih jadi kusam atau mudah pecah. UVR berperan untuk menghalau masuknya cahaya ultraviolet matahari.

Dari kriteria tersebut yang sudah dijelaskan, salah satu brand kaca film yang mempunyai kualitas terbaik dikelasnya yaitu Spectrum Window Film, dengan kemampuan tolak infrared hingga 91% pada tipe tertentu dan tolak ultraviolet hingga 99%. Spectrum Window Film tersedia dalam berbagai varian tingkat kegelapan.

Jika konsumen tidak menyukai warna yang terlalu gelap , Spectrum Window Film juga tersedia tipe 20 clear yang sangat recomended untuk kaca depan mobil Anda.

Spectrum Window Film tersedia di berbagai outlet resmi yang terdapat di seluruh Indonesia.

Demikianlah artikel mengenai cara memilih kaca film dengan benar yang dapat kami ulas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Memasang Kaca Film Pada Visor Helm, Bisakah?

Baca juga: Kaca Film Transparan Biasa Digunakan Pengemudi Di Jepang

 

Sumber: teknovanza.com

0 Likes
2979 Views

Comments are closed.