Bagi kita sebagai pengendara, terkena paparan sinar matahari mungkin sudah menjadi hal yang lumrah. Namun, apakah Anda mengetahui jika dibalik paparan tersebut terdapat bahaya kanker kulit yang mengintai? Bagi Anda pengendara mobil tidak perlu khawatir, karena kanker kulit bisa dihalau kaca film.

Umumnya para pemilik mobil hanya memasangkan kaca film pada sisi kaca depan saja. Mungkin dengan terlindunginya kaca depan dengan lapisan kaca film Anda akan merasa aman karena kaca filmnya memang umumnya memiliki kemampuan penolakan sinar ultraviolet atau biasa juga disebut sebagai Ultraviolet Rejection. Namun, bagaimana dengan bagian samping Anda? Apakah sinar matahari hanya masuk melalui kaca depan saja?

Lalu, bagaimanakah solusinya agar kita bisa terlindung maksimal dari paparan sinar matahari? Solusi paling sederhana adalah dengan menggunakan kaca film. Karena kanker kulit bisa dihalau kaca film.

Sudah lama para ahli menemukan suatu fakta yakni UVA dapat mengakibatkan penyakit serius seperti kanker kulit atau katarak.

Rata-rata setiap orang mengemudi selama satu jam setiap harinya, apalagi jika ditambah dengan kondisi jalanan yang macet.

BACA JUGA: PEMASANGAN KACA FILM BISA DILAKUKAN SENDIRI, INI TRIKNYA!

BACA JUGA: MENGAPA KACA FILM DIPASANG PADA BAGIAN DALAM KACA?

Dr. Brian Boxer Wachler dari Wachler Vision Institute, Amerika Serikat, berusaha untuk menemukan jawaban atas seberapa besar-kah perlindungan matahari pada kaca mobil. Ia meneliti terhadap 29 jenis mobil dari 15 produsen mobil yang berbeda, untuk mencari tahu apakah benar kanker kulit bisa dihalau kaca film.

Mereka melakukan pengukuran terhadap level ambien dari radiasi sinar UVA pada kaca depan dan samping mobil yang diproduksi pada rentang tahun 1990 hingga 2014. Hasilnya, perlindungan matahari pada kaca depan terbilang cukup baik, namun sebaliknya dengan kaca samping dan belakang.

Berdasarkan penelitian tersebut diketahui bahwa kaca depan dapat melindungi dari paparan sinar UVA hingga 96%, sedangkan pada kaca samping hanya sebesar 71%. Secara umum, hanya 14% dari jumlah mobil yang diteliti, yang kaca sampingnya memiliki perlindungan yang cukup baik terhadap sinar UVA.

Dr. Doris Day, spesialis kulit dan pakar kanker kulit dari Rumah Sakit Lenox Hill, Amerika Serikat, menegaskan UVA sangat berbahaya bagi kulit. Ia pun meminta para pemilik mobil untuk menggunakan kaca film dengan kemampuan penolak sinar UV hingga 99%, karena kanker kulit bisa dihalau kaca film.

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

0 Likes
1326 Views

Comments are closed.