Sebagai pengendara mobil, terpapar oleh sinar matahari sepanjang hari merupakan hal yang sangat lumrah. Namun, tahukah Anda jika terlalu lama terpapar sinar matahari dapat menyebabkan katarak? Dan benarkah katarak bisa dicegah dengan kaca film?

Indonesia dikenal sebagai negara dengan iklim tropis yang dilewati oleh garis khatulistiwa, yang merupakan alasan utama mengapa radiasi ultraviolet dari matahari pada siang hari cukup tinggi dan berpotensi menyebabkan penyakit mata seperti katarak. Namun, bagi Anda pengendara tidak perlu merasa khawatir, karena katarak bisa dicegah dengan kaca film yang terpasang pada kaca mobil.

Ketua Servis Oftalmologi Pedriatik dan Strabismus, Dr. Ni Retno Setyoningrum, SpM(K), MMedEdu menjelaskan, berdasarkan survey indra penglihatan dan pendengaran pada tahun 1993-1996, angka kebutaan di Indonesia mencapai 1,5% yang merupakan angka tertinggi dibandingkan dengan negara asia tenggara lain dan lebih dari separuhnya disebabkan oleh katarak. Kondisi Indonesia yang merupakan negara tropis menjadi faktor utama selain dari faktor degeneratif.

BACA JUGA: KANKER KULIT BISA DIHALAU KACA FILM, BENARKAH?

BACA JUGA: PEMASANGAN KACA FILM BISA DILAKUKAN SENDIRI, INI TRIKNYA!

Untuk mencegah terserang katarak, Anda harus menghindari pancaran sinar ultraviolet secara langsung pada mata dalam intensitas waktu yang lama. Umumnya kita sebagai pengendara mendapatkan paparan sinar matahari dalam waktu yang lama, untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kita melapisi setiap sisi kaca mobil kita dengan kaca film, karena katarak bisa dicegah dengan kaca film.

Katarak juga bisa timbul akibat dari faktor keturunan, cacat bawaan, diabetes maupun trauma akibat kecelakaan di sekitar mata atau pola makan yang tidak sehat dan kurangnya asupan vitamin.

Tidak hanya pada orang dewasa, katarak juga bisa menyerang anak-anak. Penyebabnya beragam, selain karena paparan sinar matahari, bisa juga karena faktor keturunan, infeksi kehamilan, kelainan sistemik pada usia dini atau idiopatik. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kewaspadaan terhadap penyakit ini.

Dengan cara sederhana seperti memasang kaca film pun akan sangat membantu. Karena kaca film umumnya memiliki kemampuan untuk menolak radiasi ultraviolet hingga 99%. Inilah alasan utama mengapa katarak bisa dicegah dengan kaca film. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

0 Likes
1688 Views

Comments are closed.