Peran kaca film pada mobil sesungguhnya bukanlah hanya untuk meningkatkan penampilan semata. Kaca film memiliki fungsi lain untuk meningkatkan kenyamanan Anda selama berkendara seperti menolak panas, meningkatkan privasi atau menahan serpihan pecahan kaca apabila terjadi kecelakaan. Pada artikel ini akan kami sampaikan tiga alasan untuk mengganti kaca film.

Sejatinya terdapat tiga alasan untuk mengganti kaca film mobil Anda. Bukan hanya berdasarkan pertimbangan tingkat kegelapan semata karena kaca film juga memiliki unsur spesifikasi yang tidak kalah penting seperti infrared rejection atau ultraviolet rejection. IRR merupakan tolak ukur atas kemampuan kaca film dalam menolak panas, sedangkan UVR merupakan tolak ukur dari kemampuan penolakan sinar ultraviolet.

BACA JUGA: KATARAK BISA DICEGAH DENGAN KACA FILM, BENARKAH?

BACA JUGA: KANKER KULIT BISA DIHALAU KACA FILM, BENARKAH?

Berikut adalah tiga alasan untuk mengganti kaca film mobil Anda:

  1. Usia Pemakaian
    Meskipun biasanya kebanyakan brand kaca film memberi Anda garansi selama kurang lebih lima tahun untuk menjamin keawetan, sebaiknya Anda tetap tidak luput dalam mengawasi kondisi kaca film Anda. Khusus bagi Anda yang membeli mobil bekas, sebaiknya langsung dilakukan penggantian. Karena kita tidak tahu sudah berapa lama kaca film tersebut terpasang. Mobil yang sering terjemur sinar matahari secara langsung juga dapat mempengaruhi usia pakai. Karena hawa panas yang terjebak pada kabin secara tidak langsung memberikan efek kepada kaca film.
  2. Pandangan Terbatas
    Hal ini biasanya didapati akibat jamur yang sudah menumpuk atau goresan-goresan yang mengakibatkan kaca film menjadi buram. Atau bisa juga karena tingkat kegelapan yang terlalu gelap. Memang, dengan tingkat kegelapan hingga 80% yang diaplikasikan pada kaca depan tidak akan terlalu berpengaruh pada siang hari. Namun, pada malam hari pandangan Anda akan sangat terbatas dan akan membahayakan. Sebaliknya, jika terlalu terang juga justru dapat membuat mata cepat lelah di siang hari.
  3. Perubahan Bentuk Fisik
    Alasan untuk mengganti kaca film yang terakhir adalah terjadinya perubahan secara kasat mata seperti pemudaran, pengelupasan atau timbulnya gelembung-gelembung yang menandakan mulai hilangnya daya rekat kaca film tersebut.

Demikianlah ulasan singkat mengenai alasan untuk mengganti kaca film mobil Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

0 Likes
1583 Views

Comments are closed.