Mungkin tidak banyak bagi Anda yang mengetahui jika sebenarnya kaca film memiliki usia pakai. Ketika usia pakai kaca film tersebut sudah habis, mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru untuk mendapatkan manfaatnya. Namun, sebelumnya melapisinya dengan yang baru, bersihkan dulu sisa lem bekas kaca film yang masih melekat.

Kali ini kami akan menjelaskan tips sederhana dalam membersihkan sisa lem bekas kaca film yang masih melekat pada bidang kaca mobil Anda. Yang terpenting, Anda harus sediakan terlebih dahulu alat dan bahannya. Anda tidak perlu khawatir karena alat dan bahan yang dibutuhkan cukup mudah ditemukan. Berikut daftar alat dan bahan yang perlu persiapkan:

  1. Kain Lap Bersih
  2. Kanebo
  3. Minyak Kayu Putih
  4. Detergen dan Ember
  5. Cutter

Setelah alat dan bahan tersedia ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Lumuri bagian yang terdapat noda sisa lem bekas kaca film pada bidang kaca Anda dengan minyak kayu putih secukupnya, kemudian diamkan hingga kurang lebih sepuluh menit.
  2. Usapkan secara perlahan-lahan noda sisa lem bekas kaca film yang telah dilumuri minyak kayu putih tersebut dengan kain lap bersih yang telah Anda persiapkan. Lakukan berulang-ulang.
  3. Jika masih terdapat noda membandel atau sulit dibersihkan pada bidang kaca Anda, larutkan detergen ke dalam ember yang telah diisi air, kemudian lumuri bidang kaca Anda dengan cairan tersebut.
  4. Gunakan cutter dengan sangat berhati-hati untuk membersihkan sisa noda yang sulit dibersihkan.
  5. Jika sudah terlihat cukup bersih, lap bidang kaca Anda dengan kanebo untuk menyerap cairan sabun yang tertinggal dan dengan kain lap bersih hingga benar-benar kering sempurna.

Perlu diingat, khusus untuk penggunaan benda tajam seperti cutter atau silet harus dilakukan dengan sangat berhati-hati terutama ketika Anda melakukannya pada kaca belakang mobil. Karena biasanya pada kaca belakang mobil terdapat defogger yang bisa terkelupas akibat benda tajam tersebut. Dianjurkan untuk kaca belakang sebaiknya menggunakan minyak kayu putih saja.

BACA JUGA: JANGAN MEMBERSIHKAN KACA FILM DENGAN SABUN!

BACA JUGA: ALASAN UNTUK MENGGANTI KACA FILM MOBIL ANDA

Demikianlah penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang bagaimana cara membersihkan sisa lem bekas kaca film yang melekat pada bidang kaca mobil Anda ketika Anda ingin melakukan penggantian kaca film. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

2 Likes
9333 Views

Comments are closed.