Untuk mengganti kaca film lama yang telah terpasang dengan kaca film baru, kita diharuskan untuk melepaskan kaca film lama tersebut terlebih dahulu. Terdapat banyak metode untuk melepaskan kaca film salah satunya adalah melepas kaca film dengan steamer.

Seiring berjalan waktu pemakaian, semua jenis kaca film pasti akan mengalami penurunan kualitas. Baik kualitas perekat, pemudaran warna maupun kemampuan tolak panasnya. Jika Anda sudah mengalaminya, sebaiknya segera melepas kaca film lama Anda dan menggantinya dengan yang baru. Dua tanda-tanda paling umum sebagai tolak ukur dari kualitas kaca film yang mengalami penurunan adalah perubahan warna menjadi keungu-unguan atau timbulnya gelembung-gelembung udara.

Perubahan warna menjadi keunguan tersebut disebabkan oleh pemudaran dari zat perwarna non-logam yang terdapat dalam kandungan kaca film. Sedangkan gelembung-gelembung udara yang timbul merupakan tanda bahwa perekat dalam lapisan kaca film tersebut sudah luntur. Gelembung udara tersebut akan muncul sedikit demi sedikit dan akan terdapat gelembung-gelembung lain yang menyusul. Seandainya Anda memutuskan untuk melepas kaca film tersebut pada saat itu juga maka Anda akan direpotkan dengan sisa-sisa lem atau perekat yang tertinggal dan untuk membersihkannya akan sangat menyita waktu Anda.

BACA JUGA: MEMBERSIHKAN KACA FILM TIDAK BOLEH SEMBARANGAN

BACA JUGA: GARANSI KACA FILM SANGAT PENTING, JANGAN DISEPELEKAN!

Sejatinya, dibutuhkan cuaca yang cerah untuk melepas kaca film. Namun, jika ternyata cuaca tempat tinggal Anda sedang kurang bersahabat, Anda juga bisa mencoba metode lain yaitu melepas kaca film dengan steamer atau bantuan alat pemanas.

Mungkin metode ini merupakan yang paling mudah dilakukan dibandingkan dengan metode-metode lain. Berikut adalah kiat-kiat untuk melepas kaca film dengan steamer tersebut:

  1. Belilah alat steamer yang biasa digunakan untuk pakaian. Harganya sekitar 300 ribu rupiah, namun akan sangat banyak membantu Anda.
  2. Nyalakan dan setelah cukup panas, panaskan kaca dengan uap yang dihasilkan.
  3. Setelah proses pemanasan yang dilakukan cukup lama, lem atau perekat pada lapisan kaca film tersebut akan luntur dan kaca film bisa dilepas dengan mudah.
  4. Setelah kaca film terlepas dengan sempurna, bersihkan kaca dengan cairan pembersih lem dan seka hingga benar-benar bersih

Demikianlah artikel mengenai cara melepas kaca film dengan steamer yang dapat kami ulas. Semoga bermanfaat.

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

0 Likes
1641 Views

Comments are closed.