Perlu diketahui, Anda tidak dapat memilih kaca film hanya berdasarkan pada merek atau harganya saja karena kaca film memiliki spesifikasi-spesifikasi yang berkaitan dengan kemampuan kaca film tersebut.

Umumnya, orang-orang hanya memilih kaca film berdasarkan pada tingkat kegelapannya saja. Banyak anggapan di masyarakat bahwa semakin gelap filmnya maka semakin baik padahal belum tentu demikian. Spesifikasi-spesifikasi lain seperti kemampuan tolak panas, tolak UV atau bahan yang digunakan pun sangat penting untuk dijadikan pertimbangan.

Radiasi sinar ultraviolet yang terpancar dari matahari memiliki kemampuan untuk menyebabkan pemudaran pada interior mobil Anda. Tidak hanya itu, radiasi UV juga dapat mengganggu kesehatan kulit dan mata Anda. Dengan menggunakan kaca film yang rata-rata memiliki kemampuan penolakan radiasi sinar UV hingga 99%, Anda akan terhindar dari segala efek merugikan radiasi sinar UV.

Lalu, ada juga kemampuan penolak panas (inframerah) yang dapat menjaga suhu kabin Anda agar tetap sejuk. Tidak hanya itu, dengan menurunnya suhu kabin Anda, maka beban kerja AC Anda akan berkurang yang berujung pada penghematan energi / bahan bakar.

BACA JUGA: MENGGUGURKAN GARANSI KACA FILM KARENA KESALAHAN SENDIRI

BACA JUGA: KACA FILM DAPAT MENGHALAU CAHAYA BERLEBIH DI APARTEMEN

Lebih lanjut, dalam memilih kaca film Anda pun harus memperhatikan kualitas perekat / lem dan ketebalannya. Karena berdasarkan pertimbangan keamanan kualitas perekat dan ketebalan kaca film akan sangat menentukan. Dengan kualitas perekat yang baik dan ketebalan yang cukup, pada saat terjadinya kecelakaan atau pengrusakan Anda akan terhindar dari serpihan pecahan kaca yang berpotensi melukai Anda.

Tidak kalah penting adalah tingkat kegelapan. Dalam memilih kaca film Anda harus mengetahui kebutuhan Anda sebelum menentukan tingkat kegelapan yang dipilih. Jangan sampai salah mengaplikasikan karena bisa mengganggu visibilitas Anda dan akan membahayakan. Sebagai contoh, pada kaca depan yang sangat vital bagi pengemudi sebaiknya gunakan tingkat kegelapan maksimal 40% agar daya pandang Anda tidak terganggu.

Walaupun terlihat simpel, memilih kaca film tidaklah semudah yang dibayangkan. Jadi pilihlah secara teliti, ya!

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

0 Likes
575 Views

Comments are closed.