Kaca film memiliki fungsi utama untuk mengurangi suhu dalam kabin dan juga cahaya menyilaukan yang masuk kedalam kabin. Seiring masa pemakaian berjalan, para pemilik mobil seringkali mendapati terdapat gelembung pada kaca film yang terpasang pada mobilnya.

Akibatnya, gelembung pada kaca film tersebut akan mengurangi keindahan atau nilai estetika tampilan mobil Anda. Tidak hanya itu, dengan munculnya gelembung pada kaca film dikhawatirkan akan mengurangi fungsi tolak panas sehingga tidak lagi maksimal.

Munculnya gelembung pada kaca film bisa terjadi akibat dua sebab, yaitu pemasangan yang tidak dilakukan dengan maksimal dan terdapat kotoran pada lapisan kaca film tersebut.

BACA JUGA: MEMILIH KACA FILM TIDAK BISA SEMBARANGAN

BACA JUGA: MENGGUGURKAN GARANSI KACA FILM KARENA KESALAHAN SENDIRI

Gelembung udara yang timbul akibat pemasangan kaca film yang tidak maksimal biasanya terjadi karena kesalahan teknisi yang tidak tuntas dalam melakukan penyerutan sisa-sisa air yang masih menempel pada kaca. Tidak hanya itu, proses pengeringan yang dilakukan juga dikhawatirkan tidak maksimal merata ke seluruh permukaan kaca pada saat ditempelkan.

Sementara gelembung pada kaca film yang muncul akibat kotoran biasanya terjadi setelah pemasangan.

Pada saat Anda mendapati gelembung pada kaca film yang terpasang pada mobil Anda, sebaiknya bersiaplah untuk mempersiapkan dana lebih karena Anda harus melakukan penggantian kaca film. Dalam kaca film tidak dikenal istilah tambal sulam, jadi pada saat kaca film bermasalah, Anda harus melepasnya dan menggantinya dengan yang baru.

Namun perlu diketahui juga, jika Anda hanya mendapati gelembung-gelembung kecil dan Anda tidak ingin melakukan penggantian, Anda bisa mengakali dengan diseset menggunakan cutter hingga udara keluar. Namun, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati karena dikhawatirkan kaca film Anda justru malah menimbulkan sobekan.

Sebenarnya timbulnya gelembung pada kaca film merupakan masalah yang sangat umum dan hampir pasti akan dijumpai di seluruh produk kaca film tergantung dengan kualitas pemasangan dan kaca film itu sendiri.

 

Ditulis oleh: Mohammad Reza – Agni Sentral Motor

0 Likes
573 Views

Comments are closed.