Pil Tabir Surya Tidak Bisa Lindungi Kulit Dari Sinar UV hal ini di katakan menurut  Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA).

Tabir surya memiliki banyak bentuk seperti lotion, krim, sampai dengan dalam kemasan semprot. Namun begitu, hindari pemakaian tabir surya dalam bentuk pil karena pil tabir surya tidak bisa lindungi kulit dari sinar uv.

Belakangan ini ada beberapa beredar penggunaan pil tabir surya yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar uv. akan tetapi Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), tidak ada pil atau kapsul yang bisa menggantikan tabir surya.

Beberapa perusahaan di ketahui telah meluncurkan suplemen yang di klaim dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sementara FDA saat ini sudah mengirimkan surat ke perusahaan-perusahaan tersebut.

Seperti yang di tulis dalam surat tersebut FDA mengatakan bahwa “Pil tabir surya bisa membahayakan kesehatan masyarakat karena memberi rasa keamanan palsu bahwa suplemen ini bisa mencegah paparan sinar ultraviolet, mengurangi penuaan kulit akibat matahari, atau melindungi dari kanker kulit,”.

Namun salah satu perusahaan pembuat pil tabir surya, Napa Valley Bioscience, mengklaim bahwa pil yang mereka luncurkan sudah terbukti melalui uji klinis yang dapat melindungi kulit dari sinar matahari.

Seperti yang di kutip dari Time Perwakilan farmasi dari perusahaan tersebut menambahkan “sudah jelas bahwa sinar matahari berbahaya bagi kulit. Kami tidak memasarkan Sunsafe Rx sebagai tabir surya dan tidak mengatakan pada konsumen bahwa mereka tidak perlu perlindungan lain dari sinar matahari. Setiap orang harus berhati-hati terhadap paparan sinar matahari”.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS atau FDA akan terus melakukan riset dan kebijakannya terkait zat aktif yang terdapat di dalam tabir surya konvensional. Hal ini terkait dengan beberapa studi terbaru yang menyebut zat ini bisa menyerap ke kulit.

Untuk perlindungan kulit yang aman dari paparan sinar matahari Anda dapat menggunakan kaca film sebagai langkah yang tepat karena penggunaan pil tabir surya tidak bisa lindungi kulit dari sinar uv.

Source : Kompas.com

0 Likes
867 Views

Comments are closed.