Asean Games warga beralih gunakan transportasi umum. Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan masyarakat harus membiasakan diri untuk menggunakan transporatasi umum.

Asean Games yang tahun ini diadakan di Indonesia akan menjadi ajang masyarakat beralih menggunakan transportasi umum. Seperti yang di sampaikan oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek atau BPTJ Bambang Prihartono menyatakan “perhelatan Asian Games 2018 harus jadi momentum membiasakan warga beralih ke transportasi umum.”

Selain itu pemerintah juga mengadakan paket kebijakan transportasi di wilayah jakarta dan sekitarnya selama perhelatan Asean Games mulai diadakan uji coba ganjil genap di sejumlah rute yang telah di tetapkan.

Pemerintah menyatakan paket kebijakan tersebut diadakan untun menunjang serta mendukung kelancaran transportasi selama Asian Games 2018. Ajang olahraga terbesar se Asia tersebut dijadwalkan akan berlangsung selama 2 minggu dimulai pada tanggal 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Menurut Bambang Prihartono menambahkan dalam keterangan tertulisnya kepada media yang dilansir dari Kompas “Asian Games menjadi ajang untuk mengedukasi masyarakat untuk mau beralih dan memanfaatkan transportasi umum yang telah disediakan oleh pemerintah. Selain efektif mengurai kemacetan, peralihan ini juga memberikan efek pada penurunan tingkat polusi udara.”

Paket kebijakan transportasi selama perhelatan Asian Games berlangsung terdiri dari tiga kebijakan, yaitu manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL), penyediaan angkutan umum, serta pembatasan lalu lintas angkutan barang (golongan III, IV, dan V). Kementerian Perhubungan melalui BPTJ juga ikut bertanggung jawab pada kelancaran arus transportasi pada saat penyelenggaraan pesta olahraga terakbar di Asia tersebut.

Paket kebijakan yang sudah di tetapkan oleh pemerintah sebelumnya sudah dikaji secara matang dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait, mulai dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Korlantas Polri, Ditlantas Polda Metro Jaya, INASGOC, Kementerian PUPR, Penyelenggara Jalan Tol, dan instansi lainnya.

Bambang Prihartono menambahkan “Ini kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Kami berharap kerja sama seluruh pihak, khususnya masyarakat pengguna jalan di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk mendukung paket kebijakan ini sehingga perhelatan Asean Games berjalan dengan lancar.”

Source : Kompas.com 

0 Likes
590 Views

Comments are closed.