Ada hal-hal detail yang harus dibiasakan pengemudi maupun penumpang ketika berkendara untuk mengurangi resiko kerusakan pada komponen mobil. Seperti matikan ac mobil saat hendak keluar dari kendaraan.

Bisa mengemudikan mobil bukanlah batas akhir dari kemampuan yang harus dikuasai untuk menjadi pengemudi yang baik. Sebagai pengemudi yang cerdas tentunya kita perlu membiasakan diri untuk berperilaku bijak pada kendaraan. Banyak pengemudi yang keliru mana yang harus di lakukan terlebih dahulu matikan ac mobil dahulu atau mesin mobil?

Komponen kelistrikan pada mobil harus diperhatikan oleh para pengemudi, seperti halnya dalam mengaktifkan atau mematikan agar komponen tersebut tidak cepat rusak atau lebih singkat usia pakainya. Salah satu yang sudah  diingatkan adalah bahwa sebaiknya yakinkan semua kelengkapan listrik seperti AC, Audio, lampu-lampu dalam keadaan non-aktif saat menghidupkan mesin mobil.

Hal tersebut agar peralatan listrik tersebut tidak cepat rusak dan baterai lebih awet. Sementara saat mesin sedang mati, sebaiknya pengemudi terlebih dahulu matikan AC mobil.

Apa akibat buruknya jika sering menghidupkan mesin saat  AC mobil sedang aktif?

AC mobil hanya bisa dinyalakan apabila mesin mobil dinyalakan, Hal tersebut karena komponen utama dari AC mobil adalah kompressor yang membutuhkan daya listrik yang besar sehingga AC mobil saat dinyalakan sangat berperan dalam membuat konsumsi bahan bakar bensin menjadi lebih banyak dibanding tidak mengaktifkan AC.

Sementara itu, AC mobil juga mengambil beban listrik tambahan yang lebih besar pada penggunaan baterai saat pertama kali dinyalakan. Sehingga jika posisi AC aktif saat menghidupkan mobil, maka mesin akan menghadapi beban lebih besar yang berpotensi berakibat buruk jika dilakukan secara terus menerus.

Apa dampak negatif jika mematikan mesin namun tidak matikan AC mobil?

Dalam kasus mematikan mesin mobil, tidak ada masalah apakah sobat mematikan mesin terlebih dahulu maupun menonaktifkan AC atau komponen listrik lainnya.

Namun poinnya ternyata bukan saat mematikan mesin, tetapi saat menghidupkan mesin kembali. Ada kecenderungan kita lupa menekan tombol atau memutar kenop untuk mematikan AC.

Source : carusermagz.com

0 Likes
50 Views

Comments are closed.