Umumnya orang lebih menyukai menyetir mobil matik dari pada manual karena dianggap lebih sulit digunakan. Tapi ternyata mengendarai mobil dengan transmisi manual tidak sesulit yang dibayangkan lho!

 

MOBIL-MANUAL-SPECTRUM

Orang yang belum pernah menyetir mobil manual pastinya akan mengalami kesulitan saat mempraktikan cara mengemudi mobil. Tidak jarang kepanikan kerap datang ketika sudah berada di belakang kendali setir, Namun berkendara di jalanan tentu membutuhkan kemampuan yang baik serta kewaspadaan yang tinggi.

Kebanyakan, bagi pemula akan lebih memilih belajar mobil manual dibanding mobil matik. Nah, khusus untuk mobil manual, para pemula butuh trik khusus untuk bisa mengendarainya. Seperti panduan yang dikutip dari Daihatsu, berikut beberapa cara mudah mengendarai mobil manual.

1. Kenali Fitur Mobil

Tips pertama yang harus dilakukan sebelum belajar menyetir mobil manual adalah menghafal. Pastikan Anda hafal dengan elemen penting mobil seperti pedal rem, gas dan kopling. Jangan sampai salah menginjak karena akan berakibat fatal. Tidak hanya itu, tombol lampu sign, klakson dan lainnya juga perlu dihapal. Selain itu,  Perhatikan juga letak dan bagaimana mengubah posisi perpindahan gigi mobil atau persneling.

2. Konsentrasi

Menyetir mobil dengan transmisi manual merupakan hal yang paling menegangkan ketika kamu mulai memasuki kabin mobil dan duduk layaknya seorang sopir yang mahir. Pastikan pikiran tenang dan rileks serta konsentrasi penuh. Perlu diingat, saat proses menyalakan mesin mobil pastikan mobil dalam keadaan netral (tidak masuk gigi).

3. Siagakan Rem Ketika Gas Stabil

Jika Anda merasa mobil melaju terlalu cepat maka sebaiknya Anda melakukan pengereman yang secara otomatis kaki harus bergeser meninggalkan gas dan menginjak rem. Selanjutnya, biarkan kaki kiri dan biarkan koplingnya untuk pemula sebaiknya lupakan hal-hal yang kompleks. Cukup injak rem saja jika ingin membuat mobil lebih lambat atau melaju pelan.

4. Latihan Berpindah Jalur

Ada hal yang tidak kalah penting dalam mneyetir mobil dengan transmisi manual untuk pemula, biasakan diri untuk berlatih berpindah lajur. Para pemula kerap tidak melihat spion ketika berpindah lajur sehingga yang terjadi adalah sebelum dirasa aman, mereka berpindah lajur dan membuat pengguna jalan lain kaget.

0 Likes
42 Views

Comments are closed.