Mobil diesel memang memiliki perbedaan dengan mobil bensin, bukan hanya bahan bakarnya yang berbeda namun kerusakannya juga berbeda meski masalahnya sama.

 

 

Masalah mesin yang sulit dinyalakan jika distarter, bisa terjadi pada semua jenis mesin kendaraan termasuk mobil diesel. Namun, dalam beberapa kasus Diesel yang berteknologi commonrail cenderung lebih sensitif sehingga jika tidak dirawat secara tepat bisa mempercepat masalah lain yang timbul.

Penyebab mobil diesel sulit distarter dipengaruhi oleh banyak hal, berikut penyebab mobil diesel sulit dinyalakan saat pagi hari :

1. Tekanan bahan bakar menurun

Mesin diesel merupakan self combustion engine yang melakukan proses pembakaran tanpa perlu percikan api. Hal ini bisa terjadi karena suhu udara saat dikompresi melebihi titik bakar solar.

Jika tekanan kompresi turun, suhu saat kompresi juga turun otomatis solar akan sulit terbakar. Hal inilah yang menyebabkan mesin yang susah distart. Tekanan kompresi turun, bisa ditimbulkan karena masa udara didalam ruang silinder berkurang saat langkah kompresi.

2. Busi Pijar Bermasalah

Busi pijar atau biasa disebut glow plug fungsinya juga cukup penting. Khususnya disaag cold start, glow plug akan membantu suhu kompresi melewati titik bakar solar sehingga bisa terjadi pembakaran. Busi pijar diperlukan karena saat suhu mesin cukup dingin, misal dipagi hari atau didaerah bermusim dingin, suhu yang dihasilkan kompresi mesin juga akan merambat ketiap komponen mesin.

Hal ini menyebabkan suhu akhir saat solar diinjeksikan ke ruang bakar, tidak mampu melewati titik bakar solar. Permasalahan engine susah hidup dipagi hari menjadi contoh adanya kerusakan pada komponen glow plug. Namun, masalah ini tidak mempengaruhi kinerja mesin saat suhu normal mesin sudah tercapai, sehingga power akan tetap terjaga walau glow plug bermasalah.

 

0 Likes
121 Views

Comments are closed.