Di musim hujan saat ini sering kali kita mendapati kaca mobil berembun, Tapi tahukah kamu apa penyebab kaca mobil berembun?

 

Penyebab kaca mobil berembun saat cuaca hujan dapat disebabkan oleh perbedaan suhu antara kabin mobil dengan di luar kabin mobil.

Karena suhu yang berada di dalam kabin mobil menjadi lebih panas apabila dibandingkan dengan suhu yang ada di luar ruangan.

Proses terbentuknya embun disebut dengan kondensasi, Saat hujan udara dalam kabin akan mengikuti udara di luar yang memiliki kelembapan tinggi.

Penyebab lainnya yaitu embusan nafas yang mengandung banyak uap air akan bertemu dengan tekanan udara yang ada di dalam kabin.

Baca Juga : Mengetahui Ciri Kaca Film Baik Sebelum Memasang

Baca Juga : AC Mobil Bisa Menyebabkan Keracunan, Simak Selengkapnya

Kabin mobil yang lembab disebabkan banyaknya partikel air saat terkena hawa dingin dari AC yang membuat kaca mobil menjadi berembun.

Perlu di ketahui, penggunaan AC mobil saat musim hujan bisa menyebabkan kaca menjadi berembun di suhu temperatur yang terlalu dingin.

Sebaiknya nyalakan AC dengan bijak seperti gunakan temperatur secukupnya dengan mengaktifkan fitur reciculation yang terdapat di konsol AC.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghilangkan embun bisa dengan mengoleskan sedikit shampoo rambut pada bagian kaca depan mobil.

Usahakan shampoo tidak dicampur dengan air kemudian lap kaca yang telah diolesi shampoo itu dengan lap kanebo yang sedikit lembab.

Langkah selanjutnya, lakukan pengelapan dengan searah dan jangan dilakukan dengan asal untuk meghindari goresan atau kaca mobil yang buram.

Kondisi penyebab kaca mobil berembun dapat mengakibatkan visibilitas pengendara menjadi berkurang dalam mengemudikan kendaraannya tentu saja hal ini sangat berbahaya.

Oleh karenanya mengemudikan mobil saat dalam kondisi hujan membutuhkan konsentrasi tinggi bagi pengendara apalagi ketika kaca mobil mulai berembun.

Selain itu, untuk menghindari proses kondensasi pemilik mobil perlu melakukan perawatan AC mobil secara berkala paling tidak tiga bulan sekali filter kabin dibersihkan dan tekanan freon pada AC dilakukan pengecekan.

0 Likes
1272 Views

Comments are closed.