pedal gas macet

 

Pernahkah Otolovers mengalami hal menakutkan saat mengendarai mobil? Misalnya saat pedal gas macet atau tiba-tiba tak bisa dikendalikan.

Hal itu pernah dialami oleh seorang wanita di Amerika Serikat lima tahun lalu ketika dirinya mengendarai SUV Kia Sorento pada kecepatan 193 km/jam namun pedal gasnya blong.

Pada saat jalanan sepi bisa saja masalah pedal gas macet tersebut diatasi, namun bagaimana pada saat jalanan ramai? Beberapa tindakan pun bisa dilakukan seperti menarik langsung rem tangan, memindahkan gigi ke netral, hingga mematikan mesin, lantas tindakan apa yang terbaik?

Dalam sebuah video milik Youtube National Geographic, seperti dilansir Carscoops, yang pertama harus kita sadari adalah tipe kendaraan yang sedang dikendarai. Jika mobil yang dikendarai bertransmisi manual masalah pedal gas macet ini bisa dengan cepat selesai yakni dengan menginjak pedal kopling, otomatis mobil akan segera berhenti.

Tetapi apabila mobil yang dikendarai bertransmisi otomatis, pilihan yang tepat adalah mengganti ke gigi Netral. Meski begitu pada saat kejadian si wanita yang mengendarai Kia Sorento mengatakan ia sudah berusaha untuk mengganti gigi mobil ke posisi Netral tetapi itu tak lantas membuat mobil berhenti.

Pilihan selanjutnya adalah bisa dengan menarik rem tangan dengan segera atau langsung mematikan mesin mobil, tetapi itu dilakukan apabila sudah memindahkan ke gigi Netral tak berhasil. Yang pertama harus diingat adalah saat kejadian sebaiknya lepaskan kaki dari pedal gas dengan segera, baru kemudian memindahkan gigi ke posisi netral.

Berada pada situasi pedal gas macet seperti diatas akan sangat mengerikan karena bisa berdampak buruk seperti kecelakaan atau bahkan meregang nyawa. Sebaiknya, sebelum berkendara kita harus betul-betul memeriksa kondisi kendaraan kita. Memberikan pengaman ekstra seperti aksesoris tambahan pada mobil juga merupakan suatu tindakan bijak yang dapat dilakukan.

Baca juga: Manfaat Kaca Film Pada Mobil

Contoh paling sederhana untuk memberikan proteksi tambahan pada mobil adalah dengan menggunakan kaca film. Umumnya kaca film dikenal hanya sebagai penahan panas semata. Namun, perlu diketahui bahwa kaca film memiliki fungsi lain sebagai pengaman. Kaca film berfungsi menahan serpihan pecahan kaca yang terjadi akibat benturan sehingga meminimalisir dampak buruk yang bisa terjadi.

 

Disunting dari: Dina Rayanti – detik.com

0 Likes
1055 Views

Comments are closed.