Ketahuilah, setelah memasang kaca film, ada pantangan yang tidak boleh dilakukan. Jika sembarangan, siap-siap untuk kecewa karena Anda bisa saja harus langsung menggantinya.

Rudi, yang merupakan pemilik salah satu outlet variasi mobil, mengatakan, bahwa setelah memasang kaca film, jangan langsung naik turunkan jendela pintu depan atau belakang mobil selama minimal tiga hari. Menurutnya, jika jendela mobil di naik-turunkan sebelum tiga hari, bagian bawah kaca film bisa rusak karena perekat yang terkandung di dalamnya belum benar-benar kering.

“setelah memasang kaca film dan lem belum kering, akan timbul garis pada kaca film yang terpasang jika power window dimainkan. Selain itu, pada saat kaca jendela di naik-turunkan, karet di jendela akan menahan sehingga efeknya akan menimbulkan bayangan,” ujarnya kepada VIVA.co.id, Jumat 21 Oktober 2016.

Waktu tiga hari adalah batas minimal jika dalam kondisi cuaca yang cerah, tidak mendung atau hujan. Apabila cuaca mendung, waktu pengeringan bisa saja menjadi lebih lama. Selain kaca pada kedua sisi pintu mobil, kaca belakang juga harus menjadi perhatian. Terutama bagi mobil yang sudah memiliki fitur deffoger atau anti kabutpada kaca belakangnya. Sebab, garis-garis emas pengantar panas ini bisa saja merusak kaca film jika dinyalakan, terlebih jika lem pada kaca film belum seratus persen kering.

“Garis-garis ini akan mengembang jika lem kaca film belum kering, soalnya dia panas. Sebaiknya, jika ingin menyalakan deffoger juga menunggu lebih dari tiga hari setelah proses pengeringan lem kaca film,” tutur dia.

Sementara itu, Wandi, penggawa salah satu outlet kaca film di MGK, Kemayoran, mengatakan, setelah memasang kaca film jangan sekali-kali membersihkan kaca bagian dalam dengan usapan yang keras dan menggunakan cairan pembersih yang mengandung bahan kimia. “Kaca film kan letaknya ada di dalam, jika dilap terlalu keras takutnya posisinya berubah, apalagi kalau baru setengah kering, bahkan bisa sampai menimbulkan garis-garis halus kalau lap yang digunakan berbahan kasar,” tutur dia.

Demikianlah ulasan singkat mengenai pantangan yang tidak boleh dilakukan setelah memasang kaca film. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Tips Merawat Kaca Film Mobil Agar Tetap Awet

 

Sumber: viva.co.id

0 Likes
1654 Views

Comments are closed.