Kalau diperhatikan di Indonesia kaca film mobil terpasang merata menyelimuti seluruh kaca mobil. Ini berbeda dengan mobil yang melintas di jalanan Jepang nih Otolovers, rupanya tidak seluruh bagian kaca mobil diberi kaca film gelap. Umumnya, di Jepang menggunakan kaca film transparan pada bagian pengemudi.

Menurut pantauan detikOto saat mengunjungi Jepang pada ajang Tokyo Motor Show 2017 bersama Daihatsu, seluruh mobil yang menggunakan kaca film diatas 50 persen, pada bagian sisi pengemudi terlihat lebih transparan jika dibandingkan bagian belakangnya yang menggunakan kaca film yang lebih gelap.

Sehingga sangat terlihat tampilan gelap kaca film pada mobil di Jepang, hanya ada terselip pada bagian penumpang depan dan belakang, serta kaca bagian belakang.

Namun, bukan berarti kaca depan dan kaca bagian sisi sopir atau pengendara tidak diberi kaca film. Dibagian tersebut juga diberi kaca film namun dengan tingkat kegelapan yang rendah atau kaca film transparan.

Baca juga: Fungsi Kaca Film Yang Perlu Anda Ketahui

“Setahu saya memang tidak ada aturan mengenai kaca mobil di Jepang. Namun memang semua mobil di Jepang seperti itu,” kata Rini Tour Guide saat berada di Jepang.

Lebih dari itu, detikOto melihat tertib berlalu lintas menjadi poin lebih dari pengendara di Jepang. Bahkan klakson mobil nyaris tidak terdengar.

Demikianlah artikel singkat mengenai seputar penggunaan kaca film mobil di negeri sakura Jepang. Dengan menggunakan kaca film transparan pada bagian pengemudi atau kaca depan tentunya visibilitas atau daya pandang pengendara tidak akan terganggu namun tetap dengan mendapatkan proteksi maksimal dari kaca film tersebut.

Memang sebaiknya pada kaca depan menggunakan kaca film transparan atau dengan tingkat kegelapan tidak lebih dari 40% agar tidak mengganggu pandangan pengemudi terlebih pada saat cuaca gelap atau malam hari. Lain halnya dengan kaca samping bagian penumpang, Anda dapat menggunakan kaca film dengan tingkat kegelapan yang tinggi sekalipun tergantung kebutuhan.

Baca juga: Sunroof Mobil Dilapisi Kaca Film, Perlukah?

Baca juga: Kaca Film Bisa Bikin Irit BBM, Bagaimana Caranya?

 

Sumber: detik.com

0 Likes
1387 Views

Comments are closed.