Truk masjid buatan negara tirai bambu Jepang sebagai langkah persiapan awal dalam menyambut olimpiade Jepang tahun 2020 yang akan datang dengan dilengkapi fasilitas lengkap.

Saat ini pemerintah Jepang tengah mempersiapkan diri untuk menyambut olimpiade musim panas Jepang yang akan diselenggarakan pada tahun 2020 tepatnya pada tanggal 24 Juli hingga 9 September 2018. Salah satu persiapan yang tengah dilakukan adalah dengan membuat truk masjid.

Truk hino yang semula digunakan untuk operasional mengangkut barang kini disulap menjadi truk masjid berjalan dengan dilengkapi fasilitas yang sangat lengkap.

Perusahaan yang mempersiapkan truk masjid atau Mobile Masjid Project tersebut adalah Yesu Project. Truk yang digunakan sebagai masjid berjalan merupakan truk Hino, yang direncanakan akan dibuat 10 unit saat pesta olahraga tersebut berlangsung di Jepang tahun 2020.

Seperti yang dilansir dalam Detik.com, Menurut Kepala Panitia Pelaksana Proyek Masjid Berjalan & CEO Yasu Project Co., Ltd Yosuharu Inoue mengatakan bahwa fasilitas tersebut sengaja disediakan oleh pihak penyelenggara olimpiade musim panas Jepang untuk membantu umat islam dalam menunaikan ibadahnya. Sebab, masjid di Jepang sangat jarang.

Truk ini ditambah besar dimensinya karena berat truk masjid mencapai 25 ton. Sehingga sangat mampu menampung 50 orang sekaligus. Sementara itu, Fasilitas yang ditawarkan pada truk masjid ini sangat lengkap dan tidak kalah dengan fasilitas masjid lainnya.

Di dalam truk masjid berjalan ini terdapat karpet sebagai alas untuk sholat, Alat pendingin ruangan atau AC, kompas untuk menentukan arah kiblat, tempat wudhu, hingga mineral crystal sebagai penyejuk ruangan.

Truk ini bukan hanya sekedar menjadi masjid dengan ruangan tetutup saja, tetapi truk ini bisa menjadi masjid dengan waktu lima menit dengan cara menekan sebuah tombol yang ada di dalam truk.

Sebenarnya truk ini bisa menjadi multifungsi bukan sebagai masjid berjalan saja seperti restoran berjalan (food truck) dan sebagainya. Rencananya perusahaan penyedia truk masjid ini akan menggelontorkan investasinya di Indonesia. Untuk di Jepang sendiri harga satu unit truk masjid ini dihargai 14 milliar.

Source : Detik.com 

0 Likes
163 Views

Comments are closed.