Siap menghadapi musim hujan perhatikan kembali hal ini sebagai antisipasi kerusakan pada mobil Anda.

Menjelang datangnya msuim penghujan yang diprediksi akan terjadi pada bulan oktober sampai dengan maret pada siklus tahunannya sebagai pengendara mobil yang cerdas kita harus siap menghadapi musim hujan perhatikan kembali bagian setiap bagian mobil agar terhindar dari kerusakan dan memberikan kenyamanan saat berkendara selama musim penghujan tiba.

Seperti pribahasa “sedia payung sebelum hujan” mungkin tepat dikatakan sebagai antisipasi untuk mempersiapkan musim hujan tiba. Berikut tips-tips yang harus dipersiapkan mobil Anda untuk menyambut musim penghujan seperti dikutip dari Autoindustriya.com :

1. Lakukan Perawatan Dasar Mobil

Yang harus dipersiapkan pertama dalam menghadapi musim penghujan tiba adalah lakukan penggantian oli, mengecek tekanan angin ban, serta baut ban. Bayangkan jika mesin mobil Anda mogok di jalan saat hujan tiba tentunya akan sangat merepotkan pengendara bukan.

2. Cek Kelistrikan Mobil

Pastikan kabel-kabel dalam mobil Anda dalam keadaan baik. Jangan biarkan kabel terkelupas karena dapat menyebabkan korsleting saat terkena air. Selain itu, siapkan relay dan sekering cadangan pada mobil Anda.

3. Lakukan Perawatan Wiper Dan Kaca

Siap menghadapi musim hujan jangan lupa ganti karet wiper mobil Anda jika sudah getas dan pastikan kaca tidak dalam keadaan berjamur ketika musim penghujan tiba. Tentunya jika wiper dan kaca dalam kondisi yang kurang baik akan mengganggu pandangan Anda ketika berkendara.

4. Perhatikan Karet-Karet Pada Bagian Pintu Dan Kaca

Karet pada bagian pintu dan kaca memiliki peran penting untuk melindungi kabin mobil dari masuknya air hujan dari bagian luar. Pastikan karet-karet pintu dan kaca tidak dalam keadaan getas agar air hujan tidak masuk ke kabin.

5. Cek Lampu Mobil

Selain membantu visibilitas pengendara, lampu juga berperan penting untuk mengetahui posisi mobil Anda bagi pengemudi lainnya. Pastikan tidak ada satupun lampu yang padam demi keselamatan Anda juga bagi orang lain.

6. Cek Ban Mobil

Siap menghadapi musim hujan cek kembali kondisi ban mobil Anda secara rutin, karena jika ban sudah botak akan membahayakan pengemudi.

Source : Otodriver.com

0 Likes
1081 Views

Comments are closed.