Tampilan elegan bebas dari jamur di kaca mobil merupakan idaman setiap pemilik kendaraan karena hal ini berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

Jamur di kaca mobil bisa disebabkan oleh berbagai macam hal seperti ketika Anda menumpahkan minuman atau makanan cair di dalam mobil dan tidak segera mengeringkannya lambat laun jamur akan muncul di permukaan. Untuk menyingkirkan remah-remah makanan di sela-sela jok mobil, gunakan mesin pengisap debu. Buka jendela dan pintu mobil untuk mengurangi kelembapan di dalam mobil, jika memang kendaraan jarang digunakan.

Selain itu, timbulnya jamur di kaca mobil disebabkan karena mineral seperti air hujan dan air tanah yang terdiri dari zat besi menempel dan mengering di permukaan kaca lalu menjadi bercak yang disebut water spot atau jamur. Perlu diketahui jamur bisa menempel pada kaca mobil, karena adanya proses oksidasi dari zat asam yang ada di dalam air.

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya jika mobil terkena hujan segera lakukan cuci mobil dan saat mengeringkan pastikan tidak ada air yang menempel pada bagian kaca. Terutama di cuaca saat ini yang tidak menentu, kadang hujan diselingi panas terik membuat jamur cepat hinggap di kaca.

 

 

Untuk menghilangkan jamur di kaca mobil,  berikut cara menghilangkannya dengan mudah seperti yang dilansir dari situs Suzuki Indonesia :

1. Gunakan Lap Khusus Pada Kaca Mobil Kering

Gosok kaca mobil secara lembut menggunakan lap kering hingga jamur terlihat memudar. Hindari penggunaan benda tajam yang bisa mengikis lapisan pelindung kaca mobil.

2. Gunakan Air Soda

Tuangkan sedikit air soda ke lap kering untuk menyeka area kaca yang berjamur dengan lembut. Lakukan terus menerus hingga jamur terlihat berkurang atau hilang. Terakhir, lap kaca dengan lap kering dan bersih.

3. Parkirkan Mobil Di Area Teduh

Terlebih dahulu bersihkan kaca mobil dari debu dan kotoran. Setelah itu, oleskan sedikit pasta gigi di area kaca yang berjamur. Gosok lembut di bagian tersebut menggunakan lap kaca kering dengan gerakan memutar dan segera bilas dengan air, jangan biarkan pasta gigi mengering karena terlalu lama di kaca.

Source : Liputan6.com 

0 Likes
184 Views

Comments are closed.