Pertanyaan yang sering menghampiri kenapa ban terbuat dari bahan karet? Kenapa tidak terbuat dari bahan lain selain dari bahan karet.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang alasan ban terbuat dari bahan karet untuk menjawab pertanyaan masyarakat yang penasaran.

Penggunaan material bahan karet pada struktur ban memiliki alasan tersendiri, Seperti yang diungkapkan oleh  pakar otomotif bernama Tsukasa Azuma dari Osaka, Jepang.

Seperti yang dikatakan oleh Tsukasa Azuma bahan karet bersifat kokoh walau elastis, juga punya daya tahan terhadap berbagai perubahan cuaca.

ban mobil karet

Berikut alasan mengapa ban terbuat dari material karet, seperti :

1. Mampu Menjaga Grip Ke Jalan

Saat bepergian jauh kita tidak dapat memprediksi cuaca yang akan turun sehingga mobil diciptakan untuk mampu menerjang segala kondisi cuaca di jalanan. Material karet diyakini mampu memberikan ketahanan cengkraman ke jalan dengan stabil disetiap kondisi jalan. Hal itu terjadi karena sifat elastis karet yang disupport oleh pola kembangan pada tapak ban.

2. Mampu Menahan Guncangan Di Kondisi Jalan

Sifat elastisistas karet memang tidak perlu diragukan lagi karena berperan terhadap peredaman guncangan dari kondisi jalanan ka body mobil. Walaupun mobil memiliki komponen shockbreaker, Namun elastisitasnya tidak seempuk karet maka shockbreaker tidak begitu terasa berguna.

3. Memiliki Daya Tahan Lama

Bahan utama karet bersumber dari getah pohon karet yang juga banyak dihasilkan petani di negara kita. Namun karet alam tersebut bukanlah satu-satunya bahan, karena jika hanya karet alam ban menjadi terlalu elastis dan mudah terdegradasi oleh oksigen.

Karet ban pada mobil dan motor bisa menahan laju pengerusakan oleh oksidasi hal ini dapat terjadi pada bahan-bahan turunan minyak bumi yang usia penggunaannya memiliki jangka waktu yang lama, temperatur panas dan dingin serta kontak dengan berbagai zat yang ada di jalan.

4. Mampu Menopang Beban Berat

Karet mempunyai kerapatan yang padat sehingga mampu menahan udara dalam jangka waktu lama. Tidak hanya itu saha sifat elastisnya juga membuat tekanan udara menguatkan daya cengkramnya pada velek roda.

Source : carusermagz.com

0 Likes
97 Views

Comments are closed.